yandex
Berita Viral

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Persiapan Stadion

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, PSSI Terima Kasih ke Risma
Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Tuan Rumah Indonesia di Stadion Manahan menjadi salah satu lokasi calon acara Piala U-20 Dunia di Indonesia pada 2021. Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo, mendirikan lima pendamping lapangan untuk latihan pemain.

Rudy, sapaannya, menyebut lima lapangan tersebut ialah lapangan Kottabarat, Banyuanyar, Karangasem, Stadion Sriwedari dan Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS)

"Seperti Banyuanyar itu akan kita besarkan. Semua siap kita lengkapi dengan ruang ganti dan sebagainya, sesuai standar saja," kata Rudy di rumah dinas Loji Gandrung, Kamis (24/10/2019).

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20 1
Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Untuk memperbaiki lapangan, Rudy telah mengajukan dana kepada PSSI dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), "Sudah saya ajukan ke PSSI dan KONI untuk sharing anggaran. Pemkot juga ikut membiayai. Pokoknya kita ajukan dulu," kata dia.

Selain lapangan, Pemkot Surakarta juga siap memberikan fasilitas transportasi. Rudy mengaku memiliki bus-bus yang bisa dipakai untuk mengantar pemain latihan ataupun bertanding.

"Kita kan punya banyak bus. Tidak perlu kebingungan untuk masalah transportasi," ujar Rudy, masalah penginapan pun, Rudy menilai Solo sangat siap. Banyak hotel yang siap menampung pemain selama berada di Solo.

"Hotel kita tidak kekurangan. Pokoknya kita siap menyiapkan fasilitas pendukung," ujar Rudy, terkait suporter, Rudy mengingatkan agar menunjukkan sikap santun. Dia khawatir jika suporter tidak tertib bakal merugikan Indonesia.

"Jangan sampai kita mendapat sanksi. Kalau kita dapat sanksi yang rugi kita sendiri. Saya mengimbau pada suporter sepakbola dari semua klub, kita jaga kesantunan," kata dia.

Terpilihnya sebagai tuan rumah piala dunia u-20 tahun 2021, membuat PSSI mengajukan sepuluh stadion yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Termasuk, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) di Senayan, Jakarta.

Selain itu, lima di antaranya pernah menjadi venue Asian Games 2018. Yakni, Wibawa Mukti (Cikarang), Pakansari (Bogor), Patriot Candrabhaga (Bekasi), dan Si Jalak Harupat (Bandung). Serta, Stadion Jakabaring (Palembang) yang merupakan venue tim sepakbola putri di pesta olahraga negara-negara Asia itu.

PSSI juga mengajukan Manahan (Solo), serta dua home base klub Liga 1 Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).

Surabaya Menjadi Kota Tuan Rumah

Image result for indonesia-tuan-rumah-piala-dunia
Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. PSSI berterima kasih kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini karena telah membantu persiapan tender.

Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim Amir Burhanuddin mengatakan, pihaknya telah menerima kabar lolosnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Kabar tersebut datang dari Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria yang tengah mengikuti FIFA Council Meeting di Shanghai, China.

"Kami mendapatkan konfirmasi dari Bu Sekjen PSSI yang kebetulan hari ini ada di sana (Shanghai) melalui WA (WhatsApp) Grup sekretaris-sekretaris PSSI se-Indonesia. Beliau mengkonfirmasi jika Indonesia terpilih jadi tuan rumah U-20 pada 2021. Salah satu venue-nya adalah di Surabaya (Stadion Gelora Bung Tomo)," kata Amir saat di konfirmasi, Kamis (24/10/2019).

Amir menambahkan, pihaknya mewakili PSSI mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini beserta jajaran. Kemudian kepada semua pihak yang membantu persiapan bidding Piala Dunia U-20 2021.

"Dan terima kasih kepada Bu Risma dan serta kawan-kawan Pemerintah Kota Surabaya, stakeholder sepak bola Jatim yang membantu kami menyiapkan dokumen dalam bidding kemarin," kata Amir.

Menurutnya, dalam penawaran FIFA untuk Piala Dunia U-20 2021, banyak negara Asia yang mundur. Di antaranya Konsorsium Uni Emirat Arab, Myanmar dan Thailand. Dalam penentuan akhir, Indonesia bersaing dengan Brazil dan Peru.

"Dalam meeting hari ini diputuskan bahwa FIFA Council Meeting di Shanghai, China, kita Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah," pungkas Amir.

Menpora Minta Arahan Presiden Jokowi

Image result for indonesia-tuan-rumah-piala-dunia
Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Amali mengaku sudah mengetahui keputusan tersebut. Menpora baru itu pun langsung menghubungi Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, yang masih berada di China, melalui teleconference.

"Saya menunggu dulu dari laporan resmi PSSI, kemudian menghadap Bapak Presiden guna melaporkan hasil dari undian yang ada di FIFA. Setelah itu, kami akan minta arahan dari Bapak Presiden apa yang harus kami lakukan," kata Amali.

Politisi Golkar itu mengatakan belum bisa berbicara detail terkait langkah strategis untuk persiapan Piala Dunia. Namun ia meminta persiapannya bisa dikerjakan bersama-sama.

"Intinya harus dikerjakan bersama-sama. Saya sudah sampaikan tadi seberat apapun pekerjaan kalau kita kerjakan bersama, menikmati pekerjaan itu, insya Allah hasilnya maksimal," dia menambahkan.

Tampilkan Lebih Bnayak

Related Articles

Back to top button