7 Kenangan Susi Pudjiastuti Saat Bertugas di Laut
Kenangan Susi Pudjiastuti Saat Bertugas di Laut

Nama Susi Pudjiastuti sudah akrab di telinga masyarakat Indonesia. Menteri Perikanan Pudjiastuti Susi di ruang kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla, resmi berdiri pada tanggal 26 Oktober 2014. Kinerja menteri yang paling eksentrik ini sudah tidak diragukan lagi kinerjanya.

Salah satu yang menyita banyak perhatian adalah caranya membuat para penangkap ikan ilegal jera dengan menenggelamkan kapal mereka. Alhasil, penangkapan ikan ilegal oleh kapal asing di Indonesia berhasil berkurang.

Dalam Kabinet Jokowi Jilid II, nama Susi Pudjiastuti tak lagi mengemban tugas menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan. Posisinya telah digantikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo. Selama menjabat, nama wanita kelahiran Pangandaran ini memang cukup populer di kalangan publik.

Ia terkenal karena kebijakannya tegas dan berhasil menegakkan kedaulatan Indonesia di bidang kelautan dan perikanan. Tidak sedikit orang yang menyayangkan pendiri Susi Air tidak lagi menjadi seorang menteri.

Dirindukan masyarakat, berikut 7 kenangan Susi Pudjiastuti saat bertugas di laut yang berhasil kami wawancara.

1. Susi Pudjiastuti Merupakan Sosok Mentri Yang Berkarakter

Susi Pudjiastuti selalu tampil nyetrik dengan berbagai gaya saat tampil di depan publik. Dia bisa terlihat elegan ketika berjalan di atas panggung fashion show, tetapi juga bisa santai saat bertemu dengan para nelayan.

2. Terjun Langsung Ke Lapangan

Kenangan Susi Pudjiastuti Saat Bertugas di Laut (sumber: instagram/susipudjiastuti115)

Wanita kelahiran 15 Januari 1965 Pangandaran muncul dengan kebijakan yang tidak biasa. Salah satunya adalah tenggelamnya nelayan ilegal yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia.

3. Banyak Meraih Penghargaan

Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan dalam sidang tahunan MPR RI sidang beraama DPR RI - DPD RI dalam sidang DPR RAPBN 2020 di gedung Nusantara 2, DPR, Jakarta Pusat (16/8).

Pada bulan April 2018, Susi Pudjiastuti juga terpilih sebagai Creative & Inovatif person of the Year di ajang peghargaan Choice Awards Indonesia 5.0, yang disiarkan langsung di TV Net pada hari Minggu malam, 29 April 2018.

Dia juga menerima penghargaan Peter Benchley Ocean Awards dalam kategori kepemimpinan pada Mei 2017. Penghargaan ini merupakan penghargaan bidang maritim tertinggi dunia. Susi mendapatkannya atas visi dan kebijakan pembangunan ekonomi dan konservasi laut di Indonesia.

Selanjutnya, pada September 2017, Susi Pudjiastuti juga dinobatkan perusahaan penyiaran publik Inggris Raya, BBC, sebagai salah satu dari 100 wanita yang menginspirasi. Daftar para perempuan tersebut diambil dari berbagai lapisan kehidupan modern, mulai keinsinyuran hingga industri kreatif, dari olahraga sampai bisnis, yang mewakili berbagai bakat para perempuan di dunia.

4. Tegas Dan Aktif Dalam Bekerja

Selain untuk melindungi perusahaan lautan kita di Indonesia, Susi juga aktif melindungi pelestarian laut. Salah satunya membanti petani melestarikan rumput laut di Kampung Saharei, District Fakfak, Papua Barat.

5. Mencoba Fasilitas Armada TNI Angkatan Laut

Kenangan Susi Pudjiastuti Saat Bertugas di Laut (sumber: instagram/susipudjiastuti115)

Aksi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, selalu mengundang perhatian publik. Jika Susi biasanya muncul sambil berselancar, atau naik sepeda, sekarang ia muncul dengan seragam bak tenrtara.

Susi terlihat mengunggah foto saat naik kapal selam milik TNI. Dia ingin menjajal “ sensasi” naik KRI Nagapasa 403—kapal ini dijuluki penjaga kedaulatan dalam kesenyapan.

6. Dekat Dan Akrab Dengan Masyarakat

Kenangan Susi Pudjiastuti Saat Bertugas di Laut (sumber: instagram/susipudjiastuti115)

Susi mengatakan bahwa ikan adalah lauk yang sehat jika dikonsumsi setiap hari. Dia juga berjanji untuk menenggelamkan orang-orang yang tidak makan ikan.

Selain mengajak makan ikan, Susi juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah plastik ke laut, dan bu susi pun mencontohkan nya dengan terjun langsung ke masyarakat untuk merealisasikan hal tersebut.

7. Cinta Terhadap Pekerjaan Nya

Kenangan Susi Pudjiastuti Saat Bertugas di Laut (sumber: instagram/susipudjiastuti115)

Susi Pudjiastuti juga selalu menunjukkan kecintaannya terhadap pekerjaannya melalui unggahan di media sosialnya. dan suka sekali berbaur dengan masyarakat.

Susi juga sangat lekat dengan istilah 'Tenggelamkan!' karena kebijakannya itu. Sejumlah meme yang beredar di media sosial kerap kali menggunakan sosok Susi dengan seruan tersebut. Indonesia Indicator (I2) menyebut Susi sebagai menteri yang paling berpengaruh di media sosial Twitter.

Saat ini, akun Twitter Susi memiliki 1 juta pengikut. Susi menempati urutan pertama dari 10 menteri yang paling banyak disebut warganet. Ada 653.052 cuitan yang menyebut nama Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut.

"Di mata netizen, Susi Pudjiastuti dan Sri Mulyani merupakan sosok menteri yang berkarakter, bukan hanya mumpuni atau berkompeten dalam bidangnya, yang ditunjukkan dengan kemampuannya menjadi pemimpin, tetapi juga komunikator yang baik," ungkap Direktur Komunikasi Indonesia Indicator, Rustika Herlambang.

Kiriman serupa